Tips Memilih Buku Untuk Anak

9:36:00 PM



Sungguh anak adalah topik yang nggak ada habisnya untuk dibahas, apalagi anak sendiri. Dulu sempat heran sama ibu-ibu yang kadang tanpa dimintapun akan cerita panjang lebar tentang anak-anaknya, sekarang setelah jadi ibu sayapun begitu, suka cerita juga walaupun cerita saya nggak ngasih solusi apalagi pencerahan, 😂😂😂😂

Anak saya bulan ini sudah 17 bulan, alhamdulillah, setiap hari selalu ada penemuan barunya yang membuat saya encok tapi senang. Ngomongin buku anak, salah satu harapan untuk anak-anak saya nanti semoga mereka suka membaca, saya sadari betul membaca bisa mengubah banyak hal dalam diri seseorang, dengan membaca kita punya kesempatan untuk melihat dari banyak sudut pandang. Salah satu cara untuk mewujukan harapan tersebut adalah mengenalkan buku pada anak sedini mungkin. Sempat kepikiran saya yang ngantukan gini kalau ketemu buku, gimana caranya nularin ke anak biar suka baca. 

Dari yang saya baca di beberapa buku parenting memililih buku untuk anak bisa disesuaikan dengan usianya, biar lebih dapat feel nya kali ya. Pengalaman pada anak saya sih, dia lebih suka buku yang saya pegang, buku-buku yang saya beli untuknya biasanya dianggurin dia lebih nafsu sama buku-buku yang saya baca (dia lagi cari perhatian kata teman saya). Pokoknya mulai kenalin aja dulu dan tentunya kita nggak bisa berharap banyak si anak akan belajar suka buku dengan mandiri, harus orang tuanya dulu yang mencontohkan. Ini PR buat saya yang ngantukan. 😅

Untuk teman-teman yang sedang memilih buku untuk buah hatinya bisa dicoba tips berikut.

0-6 Bulan
  • Buku sederhana dengan gambar besar-besar dan warna yang mencolok.
  • Buku dari kain atau bahan-bahan yang bisa dibawa saat mandi.
6-12 Bulan
  • Buku berwarna mencolok dengan berbagai macam tekstur.
  • Buku berbahan plastik untuk dibawa saat mandi.
  • Buku yang terbuat dari kain dan mudah dicuci atau dibersihkan.
  • Buku yang berisi foto-foto atay gambar anggota keluarga.
12-24 Bulan
  • Berukuran kecil dan bisa dibawa sendiri oleh anak.
  • Buku yang bercerita tentang 'Halo' dan 'Selamat tinggal'.
  • Buku dengan tulisan sangat sedikit di setiap halaman.
  • Bergambar dan warna-warni.
  • Berisi informasi mengenai benda, orang, dan kegiatan yang familiar untuk anak.
24-36 Bulan
  • Buku dengan alur cerita yang sangat sederhana.
  • Buku berisi angka dan huruf.
  • Buku berisi hewan dan kendaraan.
Begitulan petunjuk yang saya baca dalam memilih buku untuk anak berdasarkan usia. Sejak punya anak salah satu yang bikin saya semangat sekaligus takut adalah menularkan kebiasaan, duuh, semoga saya bisa menularkan yang baik-baik. Tips terakhir dalam memilih buku anak adalah  cari buku yang sekali beli bisa bertahun-tahun dan bisa diwariskan 😂

Sekian dulu dari saya, sharing yuk tips-tips apa saja yang ibu-ibu sekalian punya dalam memilih buku  untuk anak?

Referensi: Buku Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun

You Might Also Like

0 comments

I'm Proud Member Of