10 Tips Puasa Ramadhan Bagi Ibu Hamil

00.01.00


Bismillah

Tidak terasa ramadhan tinggal menghitung hari, kaum muslimin yang sudah menanti dari berbulan-bulan sebelumnya sudah melakukan berbagai persiapan agar nanti saat ramadhan datang produktivitas tidak berkuarang, justru semakin semangat bergerak untuk melakukan banyak kebaikan.

Ngobrolin ramadhan, saya ingin berbagi pengalaman berpuasa saat hamil walaupun jelas cerita kehamilan setiap perempuan tidaklah sama tapi berbagi nggak apa-apa kan?

Saya yakin ibu hamil saat mendapati ramadhan memiliki kegalauan tersendiri, di satu sisi ingin berpuasa, di sisi lain ada banyak kekuatiran. Duh puasa nggak ya? kuat nggak ya? gimana calon bayi saya jika saya berpuasa? dan masih banyak kegalauan lainnya. Saya merasakan betul kekuatiran-kekuatiran ini, perasaan kuatir yang saya rasakan semakin menjadi-jadi saat anak saya meninggal dan saya hamil lagi. Belum lagi saat itu saya masih bekerja sebagai engineer dengan beban pekerjaan yang lumayan berat dan menuntut untuk banyak bergerak. Tapi alhamdulillah dua ramadhan yang saya lewati dengan dua cerita kehamilan yang berbeda berjalan sukses, ramadhan dua tahun lalu puasa saya bolong dua saja, tahun kemarin alhamdulillah full.

Apa rahasianya?

Karena Allah memudahkan dan memberi kekuatan.

Lalu kekuatiran yang banyak itu bagaimana cara mengatasinya? 

Menurut saya kekuatiran itu ada manfaatnya, karenanya kita jadi lebih berhati-hati saat mengambil keputusan. Ini penting banget karena pertimbangan saat berpuasan bukan cuma kita kuat apa nggak, kita harus memikirkan baik-baik kesehatan calon bayi yang ada dalam kandungan kita.

Yang paling kita butuhkan saat berpuasa dalam kondisi hamil adalah jujur pada diri sendiri, karena kita yang paling tahu kondisi tubuh kita. Jangan memaksakan diri ya, Allah dengan syariat puasa memberi kemudahan kok untuk ibu hamil.

Sekedar berbagi tips untuk para ibu hamil yang ingin berpuasa di bulan ramadhan, ini beberapa pengalaman saya.

1. Banyak-banyak berdo'a

Segala kekuatan itu datangnya hanya dari Allah, kita bisa bukan karena kuat tapi Allah memudahkan. Ramadhan adalah bulan untuk memperbanyak doa. Selipkan doa memohon kekuatan untuk dimudahkan berpuasa. Tidak bisa dipungkiri ada kerinduan tersendiri untuk berpuasa ramadhan.

2. Cek ke dokter sebelum berpuasa

Kalau kondisi tidak memungkinkan makan jangan dipaksakan. Agama sudah memberi kemudahan kok.

Mungkin ada yang kepikiran atau bahkan merasa rugi karena nggak bisa berpuasa ramadhan, enggak kok. Ada banyak amalan lain yang bisa kita lakukan selain puasa. Hikmah dari kemudahan yang Allah berikan untuk ibu hamil adalah Allah tahu bahwa akan kondisi tubuh lemah dan nggak mampu berpuasa saat hamil. Jadi tidak alasan untuk memaksakan diri terlebih jika setelah cek ke dokter dan dokter menganjurkan untuk tidak berpuasa.

3. Atur pola makan dan Perbanyak buah dan sayur

Ini yang paling sakti menurut saya.

Menurut saya berpuasa hanya membalik pola makan, jika biasanya kita berisitrahat makan di malam hari, ini di balik jadi siang hari. Maka sebisa mungkin di malam hari kebutuhan nutrisi untuk tubuh terpenuhi.

4. Minum air putih yang banyak

Biasanya kalau cek ke dokter untuk kesiapan berpuasa yang diperiksa adalah cukup tidaknya air ketuban. Mengenai kondisi air ketuban untuk memenuhinya kita dianjurkan minum air putih yang banyak, saat berpuasa kebutuhan air putih bisa dipenuhi di malam hari.

5. Istirahat yang cukup

Tidur siang selain sunnah juga kebutuhan untuk tubuh apalagi untuk ibu hamil. Sempatkan tidur sebentar disiang hari untuk menambah energi

6. Puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan

Walaupun hamil bawaannya ngantuk sih, hehe. Nah tentang ngantukan ini erat juga loh kaitannya sama apa yang kita komsumsi, mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang banyak banget bisa memicu ngantuk berlebih, begitupun dengan yang manis-manis bisa bikin cepat haus. Jadi sebisa mungkin atur nutrisi saat sahur dan berbuka agar badan tetap fit dan produktif

7. Buat daily list

Semacam amal yaumian gitu yang bisa kita centang-centang agar lebih bersemangat. Jangan lupa juga untuk menambahkan target amalan kita selama hamil di bulan ramadhan misalnya memperbanyak tilawah bareng calon bayi kita. Yang saya rasakan semangat jadi lebih menggebu loh untuk tilawah saat hamil.

8. Ajak ngobrol calon bayi kita

Ini jangan sampai ketinggalan ya, ajak ia ngobrol dan jelaskan kalau kita sedang berpuasa. Jelaskan juga bahwa puasa adalah kewajiban kita sebagai seorang muslim, nanti kamu puasa juga ya nak :)

9. Siapkan suplemen tambahan

Seperti madu, kurma, dan susu hamil.

10. Olahraga ringan di pagi hari

Minimal hirup udara segar agar tubuh tetap fit.

Sekian sharing dari saya, semoga bermanfaat ya, sehat-sehat dan dimudahkan puasanya untuk teman-teman yang lagi hamil.

Thank You for reading :)

Gambar di ambil dari sini




You Might Also Like

0 comments

I'm Proud Member Of